Nama : Johannes Nababan
STT. Abdi Sabda
PENGERTIAN
BIBLIOLOGI, PERNYATAAN ALLAH, DAN INSPIRASI (PENGILHAMAN)
Pendahuluan
Pada
minggu lalu kita telah membahas skema-skema teologi sistematika lazim di
Indonesia dan skema-skema konfermasi dan buku katakesasi gereja di Indonesia.danpembahasan
kita kali ini bibliologi,pernyatan Allah dan penghilhaman Allah.semoga sajian
kali ini dapat menambah wawasan dan juga iman kita.
Pembahasan
Jangan Di Copy Bulat2 Coy,
Belajarlah dengan Giat, Saya masukkan ini sebagai referensi bagi yang Membutuhkan.
Jangan Di Copy Bulat2 Coy,
Belajarlah dengan Giat, Saya masukkan ini sebagai referensi bagi yang Membutuhkan.
I.
Bibliologi
Bibliologi(ajaran tentang Alkitab)menunjukan
bahwa Tuhan telah menyatakan diri-Nya dan membuktikan bahwa Dia itu memang ada
berdasarkan bukti yang telah diajukan.dengan kata lain,kita ingin mengetehui
sumber-sumber teologi, informasi yang akurat dan tidak mungkin salah tentang
dia dan hubungan-Nya dengan alam semesta ini.ada empat arah yang telah dipakai
manusia untuk mencari sumber teologis tersebut: akal, wawasan mistis, Alkitab,
dan gereja.Kini tinggal kita melihat apakah Tuhan telah memberikan wewenang
kepada gereja atau kepada alkitab sebagai sumber teologi yang benar.dikatakan
bahwa Tuhan telah menyampaikan semua pernyatan-Nya kepada gereja, pernyatan
yang tertulis maupun tidak tertulis dan bahwa kehadiran serta bimbingan Roh
kudus senantiasa menaungi gereja sehingga melindunginya dari kesalahan dalm
pengarahan dan pembinnan iman.[1]
Alkitab hendaknya diterima sebagai
sumber teologi yang paling menentukan.Gereja yang paling benar sepanjang sejarahnya
senantiasa memandang Alkitab sebagai wujut pernyataan ilahi.Bibliologi
memeriksa Alkitab untuk melihat apakah kepercayaan tersebutbenar atau tidak.
II.
Pernyataan Allah
Istilah
Penyataan adalah terjemahan dari kata kerja latin revelare dan kata bedanya revelation. Penyataan berasal dari kata kerja ibrani Gillah (dalam PL), dan (dalam PB) dalam
kata kerja Yunani apokalypto yang
berarti menyingkatkan, menanggalkan, membuka selubung dan memberitahukan
tentang yang tidak dikenal. Jadi, pernyataan allah berarti menyatakan dirinya,
yaitu membuat dirinya dikenal oleh manusia-Allah yang tersembunyi, bersemayam
dalam terang tak terhampiri (1 Timotius 6:16). Dia dating kepada manusia dengan
menyatakan dirinya sebagai allah yang hidup, berfirman, dan bertindak.
2.1.1 Pernyataan Berbeda dari Wahyu
Pernyataan
tidak sama dengan wahyu, isitilah wahyu berasal dari kata kerja Arab , yang berarti
mengilhamkan atau membisikkan sesuatu pada seseorang. Jadi wahyu didalam
agama-agam lain hanyalah menyatakan sesuatu, misalnya kitab suci, suatu ajaran
atau suatu agama. Sedangkan, pernyataan didalam agama Kristen menyatakan diri
(Allah) didalam kitab juga dibedakan pernyataan umum (tidak langsung) dan
Pernyataan khusus (Langsung). Aties dan
Agnostic tidak percaya akan adanya pernyataan (diri allah). Panteis percaya bahwa segala sesuatu
merupakan pernyataan allah bahkan allah sendiri. Deis percaya akan pernyataan umum allah melalui alam semesta.
Seperti dinyatakan didalam alkitab dan seperti didalam yesus kristu. Akan
tetapi setiap orang Kristen percaya akan adanya pernyataan umum dan pernyataan
khusus.
2.1.2.
Pernyataan
Umum
Pernyataan umum adalah pernyataan diri
allah yang tidak langsung melalui alam.
Meskipun pernyataan umum mendahului pernyataan khusus, Pernyataan umum
saja tidaklah cukup untuk memenuhi
keperluan rohani manusia.tetapi bagian-bagian alkitab ini adalah apa yang
disampaikan Allah melalui berbagai jalan masuk dari pernyatan umum[2]
A .Kemuliaan-Nya (Mzm19:2)
B .Kuasa-Nya yang bekerja menciptakan
alam semesta(ayat 2)
C. Keunggulan-Nya (Rm1:20)
D.Keilahiaan-Nya (ayat20)
E.Penentuan-Nyamengendalikan alam
semesta(kis 14:17)
F. kebaikan-Nya(Mat5:45)
G. kecerdasan-Nya(Kis 17:29)
H. keberadaan-Nya yang hidup(ayat 28)
2.1.3.
Pernyataan Khusus
Pernyataan khusus
adalah pernyataan allah secara langsung yang memuncak kepada dirinya menjadi
manusia dalam diri yesus kristus. Pernyataan khusus diperlukan karena karya
allah dalam alam semesta yang telah dirusakkan dan diselewengkan. Oleh sebab
itu allah perlu nyatakan dirinya secara khusus.[3]
A. Mimpi
Allah sering kali memakai mimpi untuk berkomunikasi semasa perjanjian
lama,dan dia lakukan kembali setelah kedatangan keristus kembali(kej 20:3,6
31:11-13,24:40-41 Yl l2:28)
B.
Pengelihatan
Pengelihatan ditekankan dengan apa yang kita dengar,sedangkan dalam
mimpi apa yang kita dilihat.manusia lebih terlibat aktif dalam menerima
pengelihatan(yes 1:1:6:1 yeh 1:3)
C.
Malaikat
Allah memakai para malaikat yang diciptakan untuk membawa pesannya
kepada umat (Dan 9:20-21 Luk 2:10-11 Why 1:1)
D.
Yesus Kristus
Yesus Keristus adalah saluran utama dari
wahyu khusus.Dia menjelaskan Bapa(Yoh1:14) kuasa allah(3:2)hikmat
allah(7:46)kemulian allah(1:14)kehidupan allah(1 Yoh1:1-3)kasih allah(Rm 5:8)
E.
Alkitab
Sebenernya Alkitab merupakan sarana yang paling menyeluruh dari semua
saluran penyataan khusus,karena Alkitab mencangkup banyak segi dari
saluran-saluran[4].Alkitab
bukaan hanya catatan dari penyataan Allah
tetapi juga memuat kebenaran tambahan.
2.2.
Pengilhaman
Alkitab
Pengilhaman
adalah istilah yang dipakai dalam diskusi tentang sifat
kanonik(sah-tidaknya).sebuah kitab suci yang diilhami pastilah bersifat tidak
dapat keliru.ilham berasal dari dua kata Yunani theopneustosyang berarti dihembusi,dimasuki angin,atau nafas allah
(kej1:7 2Tim3:16).dan pheroyang berarti dorongan,di bawah
pengaruh yang menggerakkan,terbawa(2ptr1:21)[5]Istilah-istilah
teologis yang berkaitan dengan pengilhaman ialah penyataan, ilham, wibawa,
sifat yang tidak mungkin salah serta pencerahan.
1.
Penyataan,
allah telah menyatakan dirinya melalui alam,
sejarah, dan hati nurani manusia.
2.
Ilham,Pengilhaman
berkaitan dengan pencatatan kebenaran, roh allah menguasai serta mendorong
orang|
3.
Wibawa,kewibawan
ilahi ialah Alkitab
4. Sifat tidak mungkin
bersalah, bukan sajah alkitab yang di ilhami dan
berwibawah tetapi juga tidak mungkin bersalah dengan ini kami maksudkan bahwa
naskah asli alkitab sama sekali tidak ada salahnya
5.
Penceraan,ia
yang mengilhami orang-orang tertentu ketika menulis alkitab juga mencerahkan
pikiran orang yang membaca apa yang di ilhamkannya.[6]
Data
Alkitab Mengenai Pengilhaman
Doktrin pengilhaman
bukanlah sesuatu yang dipaksakan oleh para teolog terhadap alkitab 2 Timotius3:16
Dalam ayat ini Rasul
Paulus menyatakan bahwa segenap tulisan diilhami allah dan berguna untuk banyak
hal
2Petrus 1:21
Ayat ini memberitaukan
dengan jelas bagaimana allah memakai penulis manusiawi untuk menghasilkan
alkitab.
1 Korintus 1:13
Paulus menyatakan bahwa
wahyu allah datang kepada kita dalm kata-kata.(2 Petrus 3 :16)
2.3.Bukti-Bukti
Pengilhaman
1.Watak Allah
Adanya allah terbukti dari kenyataan
bahwa ia telah menyatakan dirinya,juga berbagai bukti tentang adanya Dia.ia
menaruh perhatian yang penuh kasih terhadap makhluk-makhluk ciptaan-Nya dan
turun tangan menolong mereka.ia telah membuat tanah yang subur,menyediakan
matahari,hujan,dan salju.ia telah memberikan kepada manusia pengertian dan
kemampuan untuk menggunakan semuanyaini agar dapat memenuhi kebutuhaanya.
2.Sifat Dan Tuntutan Alkitab Sendiri
Alkitab memiliki keunggulan yang sulit
dipersoalkan.Alkitab menetapkan norma-norma etika yang tertinggi.dan alkitab
menyatakan bahwa ialah firman allah.Alkitab mengatakan yang benar tentang
segala yang dibahasnya.
2.2.4
Definisi
Definisi pengilhaman alkitab adalah
Allah mengawasi sedemikian rupa sehingga para penulis alkitab itu menyusun dan
mencatat tanpa kekeliruan pesan-Nya kepada manusia dalam bentuk kata-kata pada
penulisan aslinya.Ungkapan ‘tanpa keliru’menyatakan penegasan alkitab sendiri
sebagai kebenaran (Yoh17:17)
3.
Kesimpulan
Dari
pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwaBibliologi (ajaran tentang Alkitab)
menunjukan bahwa Tuhan telah menyatakan diri-Nya dan membuktikan bahwa Dia itu
memang ada berdasarkan bukti yang telah diajukan.dengan kata lain,Penyataan adalah terjemahan dari kata kerja latin revelare dan kata bedanya revelation. Penyataan
berasal dari kata kerja ibrani Gillah (dalam PL), dan (dalam PB) dalam
kata kerja Yunani apokalypto yang
berarti meningkatkan, menanggalkan.Pernyataan tidak sama dengan wahyu, isitilah
wahyu berasal dari kata kerja Arab , yang berarti mengilhamkan atau membisikkan
sesuatu pada seseorang.Pengilhaman adalah istilah yang dipakai dalam diskusi
tentang sifat kanonik(sah-tidaknya).sebuah kitab suci yang diilhami pastilah
bersifat tidak dapat keliru.ilham berasal dari dua kata Yunani theopneustosyang berarti
dihembusi,dimasuki angin,atau nafas allah dan pheroyang berarti dorongan,di bawah pengaruh yang menggerakkan.
4.
Daftar
Pustaka
Andi,
TEOLOGI DASAR 1 Yogyakarta:,majalah
rohani 1991.
Thiessen Henry
Clarence, Teologia Sistematika,
Malang: Gandum Mas, 2002
G. Indra ,Ichwei Teologi Sistematis, Bandung:
Lembaga Literatur Baptis, 2010
[1] Herny C Thiessen,teologi
sistematika,(Malang:Gandum Mas,2002)63-64
[2] ANDI,TEOLOGI DASAR 1(Yogyakarta:majalah rohani,2017),45
[3] Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis, (Bandung:
Lembaga Literatur Baptis, 2010), 26-29
[4] ANDI, TEOLOGI DASAR 1
(Yogyakarta:,majalah rohani 1991)89-92
[5] ICHWEI G.INDRA,Teologi
Sistematis,(Bandung Lembaga Literatur Baptis,2010),25-26
[6] Henry Clarence Thiessen,
Teologia Sistematika, (Malang: Gandum
Mas, 2002), 95-97
Tolong jelaskan beda antara penyataan Allah dan pernyataan Allah
ReplyDelete